Edisi jalan-jalan ke Istanbul

Dolmahbace Palace

Yuk mari cerita-cerita lagi lebih detil soal Istanbul :) gak bosen bener deh ngomongin kota yang satu ini. Alhamdulillah dari Suly cuma 2 jam naik pesawat. Berangkat jam 4 pagi (bok!untung anak2 saya manis-manis kalau diajak jalan-jalan…biar pesawatnya berangkat subuh sekalipun) dari Suly…yang artinya sama aja dengan berangkat jam 1 pagi dari apartemen! lalu sampai di Istanbul jam 6 pagi.

Karena pas liburan Newroz kemarin ke Istanbul udah yang ke 2 kali-nya jadi kali ini kita lebih siap. Salah satu yang paling penting adalah…bawa stroller-nya Kamal walaupun tetep harus bawa si Boba karena Rai kalo dah ngantuk ngambek tetep kekeuh pengen naik stroller.

Mari kita cerita satu persatu ya…siapa tahu bisa bermanfaat.

HOTEL

Hotel di Istanbul ada ratusan tentunya. Dan yang paling baik menurut saya sebaiknya tinggal di daerah Sultanahmet, karena disinilah Blue Mosque, Hagia Sophia, Basillica Cintern, dll-nya berada. Kali ini pilihan hotel saya nggak salah. Sungguh lho meluangkan banyak waktu di booking.com buat baca melototin review hotel satu persatu itu sama sekali nggak buang waktu :). Dan yang kedua kali ini kita juga pesen hotelnya lewat booking.com..hassle free seperti biasa. Hotel yang saya pilih, Galata Hotel Istanbul. Letaknya di daerah Sirkeci dan tinggal jalan 5 menit ke hotel dari Sirkeci station. Karena kemarin sama Nenek dan kk ipar jadi saya pilih kamar yang family room…artinya ada 2 single beds plus 1 queen bed plus 1 sofa bed dengan 2 kamar mandi. Kamarnya juga enak…luas buat ukuran hotel di Istanbul…nggak kayak waktu kita nginep di Maritime Hotel yang kamarnya super mini.Galata Istanbul hotel juga punya fasilitas airport private pick up dengan biaya tambahan yang harganya masuk akal. Kalau suatu saat ke Istanbul lagi, saya pasti akan menginap disini lagi :)

Tips: Kalau mau enak memang lebih enak menginap di daerah Sultanahmet. Ada banyak pilihan hotel silakan cari di booking.com supaya lebih gampang. Dua hotel yang sudah saya tinggali skor-nya Very Good. Berhubung bawa anak-anak kecil jadi nggak mau ambil resiko dengan memilih hotel yang kurang nyaman…tapi tenang..biarpun skornya Very Good tapi harga hotelnya bersahabat kok kecuali ya kalau pas high season lain cerita ya. Lebih enak lagi kalau hotelnya nggak jauh dari tram station..selain hemat tenaga kalau mau datang atau pulang ke airport pun  juga jadi bisa dengan gampang naik lewat tram yang nanti disambung sama metro.

Transportasi

Tram dan Metro all the way! Serius! Jangan naik taksi kalau nggak kepepet.Sebelum berangkat silakan google deh Tram dan Metro line Istanbul. Kalau mau bisa juga naik Metro dari airport *kalau lokasi hotelnya memungkinkan buat naik transport ini lho ya* Tiket 1 kali naik tram itu 2 lire..murah dan ekonomis lah pokoknya. Anak-anak gak bayar..boleh silahkan molos di pintu masuk.

Sebenernya naik taksi masih masuk akal sih harganya…tetapiiiiiiii supir taksinya banyak yang gak jujur!! Apalagi kalau kita tujuannya ke daerah Sultanahmet..atau naiknya dari Sultanahmahmet. Asli…mereka langsung argo-less! Tapi sekali lagi karena kita bawa anak-anak kecil ( 1 tahun dan 6 tahun) jadi mau gak mau kalau pulang malam saya sama si Papa terpaksa naksi deh. Apalagi biasanya pulang malamnya ini gara-gara kita abis jalan-jalan ke mall. Jadi yaa sasaran empuk tukang taksi yang gak jujur deh. Udah suka gak pake argo trus ada juga yang tipikalnya suka bawa penumpangnya lewat jalan yang muter-muter. Tapi ya udah lah…mau sewot juga gimana ya…nggak bisa ngomel juga secara gak ngerti gitu sama bahasanya.

Tips: Kalau butuh naik taksi, lebih baik dari hotel..minta mereka yang telpon. Saya waktu itu naik dari hotel ke Forum Istanbul bayarnya sekitar 23 lire tapiiiiiii giliran malam-malam pulang dari Forum Istanbul bisa sampai hampir 40 lire…gak sampe depan hotel pula karena dia nyasar-nyasar. Plus jangan lupa selalu sedia beragam uang pecahan. Namanya juga sering gak jujur ya…jadi kadang-kadang supir taksi bilang kembaliannya gak ada jadi kita terpaksa kasih uang lebih ke dia…ini namanya udah sial kepleset kulit pisang pulak apes maksimal.

What to see

Ok ok…ini harusnya di urutan paling atas yaa hehehe. Di Istanbul buat saya pribadi 5 hari selalu gak cukup karena saya nggak pengen jalan-jalannya dengan diburu waktu. Sekali lagi alasannya sama….karena saya bawa anak-anak kecil yang nggak mungkin pergi seharian. Harus ada waktu break buat pulang ke hotel untuk leha-leha. Di Sultanahmet sendiri bisa seharian atau dua hari lah kalau mau menjelajahi semuanya..ok mungkin buat saya 3 hari deh ya. Karena disini harus ke Blue Mosque, Hagia Sophia, Topkapi Palace, Basillica Cintern, Grand Bazaar dan Spice Bazaar.Belum lagi kalau pas kebetulan musim liburan..hadeeeuh dapet salam tempel dari koyo deh buat ngantri masuk dan beli karcisnya. Jadi setengah harian bisa habis buat ke Topkapi Palace misalnya.

Hagia Sophia

Selain yang wajib dikunjungin di daerah Sultanahmet..saya sarankan juga buat ke Dolmahbace Palace. Tapi yaaa itu antrinya ya boook ati-ati… :P Saya waktu itu antri buat beli tiketnya 1 1/2 jam..yaaak beneeer sodara-sodara…!! sambil gendong Al pulak! Lalu di dalamnya itu karena harus teratur dan ikut tur jadi ngabisin 1 jam-an lagi deh kira-kira gitu. Belum plus foto-foto ya dibagian luarnya. Jadi siapkan saja mental dan kamera Anda ;) Tapi buat saya it is a must to visit this sultan palace…this is like a mini version of Versailles.

Daftar kunjungannya masih ada…:

- naik perahu di Boshporus sea..yang ini juga biarpun udah 2 kali ke Istanbul belum saya lakukan. Kunjungan ke 3 *Insya Allah soon!* kayaknya harus dicantumin di daftar ittenary.

- Galata Tower

- Taksim Square

- Maiden Tower

- Miniaturk

- Nonton Sufi Dance ..ok yang ini sempat saya lihat..tariannya benar-benar…ummm apa ya…ancient?! couldn’t find a good word to describe this dance.

- Nonton Turkish Dance alias tari perut

- Mencoba Turkish Bath …yang ini kayaknya nggak akan saya coba….wong luluran aja nggak doyan apalagi dimandiin di negeri orang :P

Banyaaaak kan list-nya! Apalagi kalau doyan sama pernak-pernik khas Turki ya..bisa tawaf deh tuh di Grand Bazar..dijamin kunjungannya gak cukup sekal. Makanya wajar kalau saya bilang 5 hari buat saya kayaknya selalu kurang cukup buat di Istanbul.

TIPS: Cari tahu jadwal tutup tempat-tempat diatas, terutama topkapi palace, hagia sophia dan dolmahbace palace. Biasanya dalam satu minggu tutup 1 hari. Grand bazaar tutup di hari minggu *giliran hari tutupnya GB inget…perempuan oh perempuan ;P* Kalau bosan jalan-jalan pakai kaki..silahkan naik Bus tour yang biasanya parkir di depan Blue Mosque dan Hagia Sophia. Cek dulu tawarannya..jangan langsung main pilih..soalnya ada beberapa layanan bus tour.

TIPS belanja di Grand Bazaar: Tawwwwwwaaar bok tawaaaar…! Yuk deh keluarin skill andalan kita yang satu ini :) Orang Turki itu ramah-ramah banget…jadi walupun masih tahap liat-lihat bisa aja tiba-tiba kita disodorin teh. Saran saya sih..minum aja :D grateees ini…tapi jangan ngerasa harus beli barang di tokonya juga. Kalau emang nggak sreg ya udah keluar aja dari tokonya…jangan ngerasa bersalah atau mikir orangnya akan kesel sama kita…lah wong gak bakalan ketemu lagi juga..ya kan.

Trus kalau bisa jangan beli di toko-toko yang bagian depan..karena mereka cenderung kasih harga yang lebih mahal daripada toko-toko yang ada di bagian dalam. Sekali lagi tawar menawar is the king..jangaaaan sekali-kali beli barang disini tanpa ditawar dan nawarnya kalau bisa yang sadiiiis hehehehe.. .

Oh ya satu lagi…gak semua barang-barang di Grand Bazaar lebih murah dibandingin sama toko-toko yang ada di seputaran Sultanahmet misalnya. Karena ya itu tadi..ngerasa tempat belanja yang diincar turis jadi mereka naikin harganya gila-gilaan.

FOOD

Berhubung Istanbul masi rada ke arab-arab-an dalam hal menu makanan…jadi rasanya masi ke kambing-kambing-an yaaang tentunya bukan kesukaan saya. Jadi soal makanan saya nggak bisa cerita banyak-banyak ya..selama masih ada Mcd selamatlah dan bahagialah semuanya. Tapi karena dekat laut jadi di Istanbul banyak juga Seafood Rest. Sayang saya belum pernah coba restaurant seafoodnya satupun.

Cai, Anyone? :)

The Ottoman Drink

Must try: Turkish Coffee, Turkish Tea (yang ini gelas dan rasanya sama percis kayak yg di Suly), Turkish Ice cream, Turkish Delight *sekalian buat oleh-oleh!* dan ottoman drink yang dijual dipinggir jalan kalau pas winter.

Malls

Gini ya…sebenarnya selama ini misi saya ke Istanbul itu buat ke H & M hihihihihi…nggak deng itu cuma misi ke sekian kok. Maklum sedikitlah..tinggal di Suly kan sama aja kayak tinggal di desa. Adanya pasar doang sama supermarket…jadi wajarlan kalau jadi sakau sama mall. Bukan cuma mama-nya doang…anak-anak juga sibuk bikin list mainan apa yang bisa dicari di mall :P

Jadi..karena kemarin Papa seringnya jadi tour guide-nya Nenek..saya sama anak-anak sibuk kali menjajah malls. Berikut ini daftar mall yang sudah saya kunjungi di Istanbul:

1. Forum Istanbul

Favorit saya sama anak-anak. Kenapa? karena ada H&M, Zara,dkk-nya…plus dibagian bawahnya khusus bagian untuk anak-anak yang artinya banyaaak bener toko mainannya. Lalu disini juga ada KFC!! *ndeeesoo yaa..ketemu KFC aja bahagia* Ada Turkuazoo..sejenis seaworld…tapi gak bagus-bagus amat sih..mahal pula. Dan yang juga penting si Forum ini berhubungan dengan IKEA. Anak-anak senang…mama juga tentunya gembira sekali dengan si Forum.

2. Kanyon Mall

Ke sini gara-gara Rai mengidam makan udon dan sushi yang memang rada susah nyarinya di Istanbul. Dan cari cari ternyata disini ada Sushi Co. Jadilah malam-malam kita 3 kali naik tram + metro buat sampai ke sini. Mall-nya enak..model open air kayak Citos atau apa itu yg di Bandung namanya lupa euy. Kebanyakan isinya restoran. Toko-tokonya juga high end karena saya lihat ada Harvey Nichols dan Hugo Boss. Lalu ada juga Habitat disini..tapi sayangnya kita nyampenya kemaleman sih..jd gak sempet masuk-masuk toko.

3. Carrousel Mall

Again…ke sini buat nyari Toko mainan..standar lah mall-nya

4. Di depannya Carrousel ada CapaCity Mall

Yang satu ini lebih “hidup” lagi-lagi ke sini nyari mainan. Si Rai memang udah gede jadi kayaknya susah nemuin mainan yang sesuai sama umurnya dia. Jadi yang ada kita bertiga keliling doang..sambil nemenin dia liat-liat.

5. Cehavir Mall

Mall ini lumayan besar tapi kayaknya lebih besar Forum. Lokasinya juga gampang dicapai dengan metro.

TIPS: dari sekian banyak mall…kalau memang untuk belanja macam baju dengan street labelnya Turkey menurutnya saya yang paling menyenangkan itu justru bukan di Mall…melainkan di Taksim Square. Kecuali kalau memang nyari-nya spesifik ya..kayak baju anak ataupun toko mainan..yang kayaknya belum saya lihat ada di di sepanjang Istiklal Caddessi. Kenapa saya suka belanja ataupun cuci mata disini? Karena kanan kirinya masih banyak gedung-gedung kuno yang dialih fungsikan sebagai toko ataupun restoran. Lalu ditengah-tengahnya jalanannya juga dilewati sama Tram kuno yang bisa kita naiki untuk menuju ke Galata tower. Selain itu tentunya yang saya suka juga..street labels-nya harganya masih masuk akal.Kalau mau beli boots ataupun sepatu-sepatu kulit..banyak juga di kanan kiri toko sepatu berjejeran. Menyenangkan lah pokoknya :)

mmmmeeeh..banyak juga ya edisi jalan-jalannya :) yang jelas sih..selama masih tinggal di Suly..Insya Allah akan masih bisa ke sini lagi. Apalagi kan kita bisa pilih opsi pulang lewat Istanbul daaaan pesawat dari Istanbul ke Jkt-nya biasanya ada di dini hari..yang artinya bisa seharian penuh di Istanbul *kalau pakai Turkish Airlines bisa dapat hotel gratis pula!*

Baiklah..sudah harus tidur nih sambil tidur sambil terus berdoa supaya Papa siapa tahu dapat tawaran kerja di Istanbul *Amin YRA*…kalau memang kejadian approved lah langsung dari saya mah. ;)

• miss applestru
    • April 25th, 2012

Akyuuuu maauuuu ke turkiiiiiiiii…….toiienngg tooieenggg…tik tok tik tokk….waiting d moment…. ;-) , btw….good article sis….
    Kiss buat rai dan al…

• @ Auntimo: meeh ke turki aja cepeeeet yg diajakin bulan juli masing ngawang-ngawang hihihihihi

1. terima kasih bu buat sharing nya! berguna buat someday weekend getaway from Suly

• sama2 pak :) selasa depan katanya libur tuh pak…siapa tahu bisa cuti sebentar dan weekend getaway hehehehehe

• BanyuAgungS
    • Oktober 15th, 2012

Makasih ya infonya. Saya ada rencana ke istanbul awal nov nanti.
    Mau tanya2 dikit nihh :
    1. Ngurus voa nya di airport ribet ga ya?
    2. Kira2 htl daerah mana ya buat solo traveler ky saya, yg pengennya rame sekitar htl, budget max 80$/mlm

Makasih infonya. Salam kenal…

• Salam kenal juga :).
      ngurus visa nggak ribet kok :) sbelum antri ke passport control ada line khusus untuk VOA. Pesan hotel, saya selalu di booking.com dan selalu gak ada masalah. Tinggal pilih yang sesuai dengan budget.kalau boleh kasi saran untuk area menginapnya di hotel2 sekitar sultanahmet aja, biar kalau kemana-mana tinggal jalan. Tapi baca review hotelnya baik-baik di booking.com supaya gak salah pilih hotel yang nanjak, maupun yang kejauhan jarak jalannya. have a nice trip yaaa :)

• Farisha
    • November 18th, 2012

Dear Mbak…

Salam kenal ya mbak :)

Sy dan keluarga skrg tinggal di Oslo-Norway dan rencananya liburan natal tahun ini akan kami habiskan di Istanbul, yaitu tgl 23 – 28 Dec. 2012. Kami bertiga saja yaitu: saya, suami, & putri kami yg baru berumur 21 bulan.

Sy jg sudah memesan hotel di sekitar Sultanahmet melalui Booking.com dg harga yg cukup terjangkau. Mudah2an kenyataannya jg tidak mengecewakan ya, hehe..

Sy ada beberapa pertanyaan ini mbak:
    1. Cara menawar yg “sadis” di Grand Bazar seperti apa yg mbak? Boleh doonk dishare, hehehe.. Maklum sy ga pinter kl nawar2 euy :(
    2. Susu cair yg rekomended utk anak2 seusia anak saya (21-22 bulan) disana apa ya mbak? Kebetulan anak saya sudah tidak mimun ASI lagi dan selama di Norway kami beri susu cair saja dg merk TINE.
    3. Krn desember nanti sudah winter, suhu rata2 disana berapa ya mbak? Lamanya siang selama winter di Turki/Istanbul berapa jam sehari?
    4. Oh iya, tips utk naik kendaraan umum (bus, trem, dll) di Istanbul spt apa ya? Apakah kt harus beli tiket dulu sblm naik kendaraan? Atau bs bayar langsung diatas kendaraan tersebut?
    5. Pembayaran untuk Taksi (jika kepepet) & bus/trem apakah bisa dilakukan dengan kartu kredit?

Itu dulu ya mbak. Mohon maaf kalo pertanyaannya langsung borongan :D… Terima kasih banyak untuk masukan & informasinya :)

Salam

• -g-
      • Februari 27th, 2013

aduh mba.. maaf baru baca lagi. i hope your istanbul winter trip was amazing :)

2. wah keren tuh infonya,, jadi pengen kesana

3. Review yg menyenangkan! Makasih yaaaa….
    Jadi gk sabar pengen ke sana! :)
    Amankah klo jalan-jalan sampe malem di situ?